headline photo

Senin, 30 November 2015

Berbusana Syari Saat Berolahraga

Berhijab adalah sebuah pilihan bagi muslim yang wajib dilakukan. Oleh sebab itu, perintah dari Allah ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Namun kadang kala perintah ini diabaikan karena kurang mengerti akan ilmu agama dan sebagainya. Oleh karena itu, wajib hukumnya mempelajari agama Islam yang tentu juga harus mengindahkan syariatnya. Misalnya pakaian hijab olahraga, pakaian kerja, pakaian santai dan sebagainya yang sesuai dengan agama Islam.

Sebagai salah satu bagian pakaian yang penting bagi perempuan, hijab sangat penting untuk diperhatikan dan merupakan salah satu atribut muslimah yang digunakan menutupi kepala sampai dada. Saat ini banyak sekali ragam yang dapat dipilih oleh para muslimah. Hijab elzatta sebagai salah satu hijab modern yang praktis dan elegan. Selain itu ada juga jilbab segiempat dan kerudung segiempat yang dapat dimodifikasi menjadi salah satu fashion item muslim yang sangat stylish dan pastinya syar’i.

Hijab saat ini juga menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Kini beragam motif jilbab sangatlah beragam dan bentuknya sangat bermacam-macam. Misalnya saja pasmina yang bisa dibentuk sesuai keinginan kita. Fashion hijab yang dipelopori oleh artis-artis juga sangat banyak pilihannya. Kalau dulu jilbab segiempat menjadi primadona, kini jilbab scarf sangat banyak dipilih wanita karena tren masa kini dan lebih anggun. Maka dari itu ada sedikit tips untuk berolahraga dan tetap sesuai syari’at agama, yakni:

1. Pilih model yang instan dan besar

Sebagai salah satu kondisi yang santai, maka olahraga juga tak seformal mengenakannya saat kondangan dan sebagainya. Maka dari itu, anda bisa memilih hijab elzatta atau semacamnya yang langsung masuk atau instan. Selain nyaman saat dipakai olahraga, memakai ukuran yang besar juga membuat penampilan tak risih. Kalau anda memakai hijab yang segiempat tentu cukup kesulitan, sebentar sebentar hijab akan tak beraturan dan juga tak nyaman saat dikenankan.

2. Gunakan Kaos dan Training Lebar

Kalau tadi sudah sesuai syari’at, maka ada baiknya pakaian atau kostum yang digunakan juga harus longgar. Kalau terlalu ketat, selain tak nyaman dipakai juga tak sesuai syariat agama. Kaos yang longgar dan training ada baiknya dari bahan katun karena mudah menyerap keringat. 

3. Jangan Memakai Pakaian yang Terawang

Jangan menggunakan pakaian yang terawang, selain sangat tidak sopan juga akan membuat anda tak nyaman. Kaos tipis akan membuat bentuk tubuh anda terlihat. Hijab yang digunakan juga harus tebal dan bisa menyerap keringat. Jangan sesekali olahraga dengan celana strit yang sangat ketat. Hal itu sangat membuat tubuh sesak dan tak nyaman.

4. Usahakan Olahraga yang Sesuai Karakteristik

Jenis olahraga itu sangat banyak, antara lain renang, basket, jogging, senam aerobic, dan banyak lagi. Ada baiknya anda memilih olahraga yang nyaman untuk anda. 

Kerudung segiempat dari dulu sampai sekarang masih menjadi pilihan, karena mudah dan simple. Hijab Indonesia banyak dikreasikan menjadi bentuk hijab yang sangat beragam. Maka dari itu, disesuaikan situasi dan kondisi hijab itu dikenakan. Salah satu kegunaan hijab adalah untuk segala aktivitas sehari hari termasuk olahraga. Untuk kegiatan olahraga, kita dapat menyesuaikan diri seperti menggunakan hijab elzatta instan. Walaupun sedang dalam keadaan olahraga, kita juga tetap harus sesuai syariat. Jangan ketat dan juga menerawang. Sekian artikel tentang tips olahraga yang nyaman bagi kaum muslimah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar