headline photo

Jumat, 05 Februari 2016

Tips Berkerudung bagi Pemula

Berkerudung adalah suatu kewajiban bagi wanita muslimah. Dengan kerudung maka tertutuplah aurat dari wanita tersebut. Saat ini trend kerudung sangatlah digemari baik oleh pemula maupun yang sudah lama berkerudung. Tak ada lagi kendala bagi Anda semua untuk berkerudung saat ini, sebab sekarang banyak fashion hijab yang begitu modis dan up to date. 

Mungkin dahulu cara berkerudung masih monoton dan terkesan kurang modis, hanya berupa busana muslim panjang dengan kerudung segiempat yang panjang. Namun bila Anda lihat sekarang, fashion hijab menjadi trend baru 2016 yang begitu populer dengan berbagai model kerudung yang bervariasi. Model jilbab segiempat banyak dikreasikan dengan berbagai bentuk saat dikenakan.

Model scarf sekarang juga banyak diminati oleh wanita muslimah untuk hijab mereka. Semua model tersebut dapat dipadupadankan dengan busana muslim yang kini juga begitu modis dan sangat menarik. Kesemuanya menjadi kesatuan yang kini turut meramaikan tren hijab Indonesia. Dari banyaknya model kerudung yang ada mungkin akan sedikit membingungkan bagi Anda muslimah pemula. Jangan khawatir berikut ada tips hijab menarik bagi Anda untuk memilih kerudung: 
Menutup aurat dan tidak transparan 

Saat Anda memutuskan untuk berkerudung maka hal yang pasti dilakukan adalah menutup aurat. Hal ini merupakan tujuan Anda berkerudung dan menjadi fungsi kerudung itu sendiri. Satu hal utama yang jadi bahan pertimbangan Anda adalah memilih kerudung yang dapat menutup aurat Anda yaitu rambut, leher, dan bagian dada. Pilihlah kerudung yang tidak transparan. Kalaupun bahan kerudung memang tipis, maka siasati dengan pemakaian dalaman kerudung atau dikenal dengan ciput. 
Sesuaikan kerudung dengan bentuk wajah 

Menyesuaikan kerudung dengan bentuk wajah ini juga jadi hal penting. Sebab hal ini akan mempengaruhi penampilan berkerudung. Anda perlu tahu tipe bentuk wajah, bila oval maka model jilbab apapun akan pas dikenakan. Namun bagaimana dengan bentuk wajah lonjong, kotak, dan berdahi lebar? Jangan khawatir, ada tipsnya.

Untuk bentuk wajah kotak, bisa menggunakan kerudung rounded shape atau bulat karena dapat memberi kesan oval pada wajah Anda. jika wajah lonjong dapat disiasati dengan menggunakan dalaman (ciput) sebelum memakai kerudung. Sedangkan wajah dengan dahi lebar dapat memakai ciput penuh yang dapat menutup bagian kanan dan kiri wajah Anda. 
Sesuaikan kerudung dengan warna kulit 

Memilih kerudung juga sebaiknya disesuaikan warna kulit Anda. Kulit putih dan kuning langsat tentu akan memudahkan memilih warna kerudung, namun ada beberapa warna yang sebaiknya dihindari yaitu putih untuk kulit putih dan warna orange, coklat untuk kulit kuning langsat. Sebab hanya akan membuat kesan pucat. Bagi kulit gelap sebaiknya kenkan kerudung dengan warna netral dan kulit sawo matang lebih cocok denga warna-warna gelap seperti biru, ungu dan maroon. 
Memilih bahan kerudung yang tepat 

Pilihlah bahan-bahan sesuai dengan momen yang sedang Anda jalani sebab hal ini akan memberikan kenyamanan bagi Anda saat berkerudung. Saat acara santai maka pilihlah bahan kerudung dari katun atau model kaos atau jersey. Bila Anda berada di situasi pesta atau acara penting bisa mengenakan kerudung dari bahan satin.

Bila Anda seorang muslimah yang selalu mengenakan jilbab besar bisa pakai kerudung dengan bahan viscose sebab tidak menyebabkan pengap dan membuat Anda nyaman. Jilbab sifon dapat Anda kenakan namun harus memakai dalaman (ciput) terlebih dulu.

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai jenis model kerudung dan jilbab maka pilihan Anda dapat dijatuhkan pada hijab elzatta. Hijab elzatta memiliki banyak model sehingga akan menunjang penampilan Anda dalam berkerudung makin modis. Semoga berbagai tips di atas akan membantu Anda muslimah pemula dan semakin meningkatkan keyakinan Anda untuk berkerudung atas dasar keimanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar